Tuesday, October 30, 2012

BAGAIMANA CARA MENGATASI KEGUGUPAN SAAT PRESENTASI?

Bagi para pemula ataupun yang sudah beberapa kali melakukan presentasi, baik di depan publik ataupun di depan kelas, saat di suruh bapak/ibu guru mempresentasikan makalahnya menggunakan power point. Terkadang masih saja bingung dan gugup. Hal itu bisa terjadi pada siapa saja baik yang sudah berpengalaman ataupun pemula, akan tetapi semua itu bisa diatasi. Yaitu dengan memahami meteri sebelum hari ‘H’, kondisi fisik yang fit, tidak dalam memikirkan hal lain (seperti  sedang ada masalah dsb). Apalagi kalau kita harus presentasi di depan dosen yang killer. Pasti kita akan menjaga perkataan kita sebaik mungkin guna menjaga presentasi tetap berada pada koridor dan tidak melenceng kemana-mana.
 
Adapun cara mengatasi kegugupan saat presentasi menurut teori saya yaitu :
1.   Memahami isi dari apa yang akan kita presentasikan.
2.   Sehat jasmani dan rohani.
3.   Siap, karena persiapan awal sangatlah perlu untuk menunjang kelancaran dalam presentasi.
4.   Membuat PP (power point)
Dalam membuat power point juga ada langkah-langkahnya, diantara lain :
- Buatlah power point sedikit dan sesingkat mungkin karena pada dasarnya power point adalah inti dari atau poin-poin penting yang ada dalam makalah yang akan kita sampaikan secara jelas dan terperinci.
- Jangan membuat power point hingga 40 slide, 50 slide atau bahkan lebih. (bayangkan saja jika slide berisi tentang materi tetapi banyaknya sampai 50 slide lebih?? Dibutuhkan waktu berapa lama kira-kira??) pembuatan PP yang baik sangatlah perlu dalam kelancaran presentasi.
5.   Saat melakukan presentasi, pandangan mata tidak kebawah, tetap pada audience.
6.   Jangan melihat mata dari audience, jika itu akan membubyarkan konsentrasi dan kepercayaan diri anda. Jadi, sebaiknya melihat atas kepala.
7.   Tidak sibuk sendiri dengan sesuatu, misal main bolpoin, pensil, dsb. Sehingga tidak memperhatikan audience.  Jadikanlah itu sebagai sarana untuk kelancaran anda saat berbicara.
8.   Buatlah diri anda senyaman mungkin.
9.   Percaya diri. Itu penting untuk menunjang kelancaran saat melakukan presentasi.
10. Jangan menunjukkan kelemahan anda, karena hanya akan membuat audience merasa tidak nyaman dan tidak memperhatikan materi yang anda sampaikan bahkan bisa sibuk sendiri.
11. Dan jangan lupa untuk mengawali presentasi dengan bacaan basmalah terlebih dahulu (dalam hati).

Selamat mencoba ^_^
Jangan lupa komentarnya ya....

No comments:

Post a Comment