Wednesday, October 10, 2012

JAUHILAH KORUPSI DINI

Tidak bisa di pungkiri lagi, korupsi di negara ini bisa dikatakan sudah merajalela dan sudah pula di prediksi bagaimana nasib bangsa ini kedepanya. Mungkin beberapa diantara reader mengetahui apa itu korupsi? menurut reader apa sih itu korupsi? lantas adakah hukum negara yang tegas dapat membuat jera bagi pelakunya? dan untuk hal ini  masih di pertanyakan.

Perbuatan korupsi adalah perbuatan yang sejatinya dilarang dan haram dimata hukum agama. Korupsi adalah mengambil hak dan kewajiban orang lain tanpa persetujuan orang yang bersangkutan. Perbuatan korupsi adalah perbuatan yang sangat merugikan baik itu merugikan negara, lingkungan, orang lain, dan merugikan diri sendiri. Seseorang yang
melakukan korupsi akan mendapatkan kebahagiaan yang sifatnya sementara.  Ia merasa senang dengan apa yang ia dapatkan, akan tetapi sejatinya penyesalan dan kegelisahan sedang menanti di kemudian hari.

Perbuatan korupsi ini tidak hanya terjadi pada orang kalangan atas, akan tetapi juga dari golongan bawah atau generasi muda kita. Bahkan bisa dikatakan korupsi sudah merajalela di setiap diri individu. Dan akan berdampak besar apabila dilakukan secara continue dan bisa menjadi budaya. Dan budaya seperti inilah budaya yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda dan bangsa.

Contoh perbuatan korupsi kecil yang dapat kita lihat pada generasi muda kita seperti :

1. Mencontek
     Kata mencontek dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi. Kebiasaan mencontek dalam menjawab soal atau plagiat memang sudah mulai sedikit merajalela di kalangan pelajar maupun mahasiswa. Meski tidak semua pelajar atau mahasiswa melakukan perbuatan tersebut.

Mencontek adalah perbuatan korupsi tingkat dasar. Mungkin sebagian di antara kalian belum mengetahui apakah perbuatan menyontek itu termasuk korupsi atau bukan. Akan tetapi mengijinkan murid atau mahasiswa melakukan hal tersebut, sama halnya dengan mengijinkan perintis perintis korupsi dini. Mungkin kelihatanya sepele, akan tetapi jika dilakukan secara continue akan membawa pengaruh buruk dalam lingkungan itu sendiri. Jika, dari kecil saja sudah mulai di ajarkan tentang korupsi, maka lama kelamaan dia akan lebih sering melakukanya, apalagi kalau dia merasa mendapat pujian atau kebahagiaan dari hasil korupsi maka dia akan ketagihan dan seringnya melakukan perbuatan tersebut.

Mendapatkan hasil bagus  tapi bukan dari diri sendiri dan kemampuan sendiri sama juga dengan menunjukkan barang karya orang, bukan karyanya sendiri. Jadi semua pujian-pujian yang orang katakan bukanlah diperuntukan buat diri kita, akan tetapi terhadap orang yang membuat karya tersebut. Lantas bagaimana dengan membuat sebagian dan menyontek sebagian? tetap saja bisa di katakan menyontek, karena sebagian nilai bukan dari pemikiran diri sendiri? menurut pendapatku kalo khilaf 1x boleh, asal jangan di lakukan lagi dan lagi yah ^_^!!!!

2. Bohong masalah SPP atau pembelian buku sekolah
     Sebelumnya saya ingin bertanya, hayooo... siapa yang pernah melakukanya hayooo bilangnya mo buat beli buku, tapi kenyataanya bukunya berubah jadi sesuatu, hayo???? eits, untuk kali ini saya tidak akan membahas siapa siapa saja yang telah melakukan kecurangan, ntar pada banting tv atau kulkas gawat..!!(wah gubraks xixixixixi ^_^)
dan masih banyak yang lainya..

Adapun macam dan jenis-jenis dari korupsi sangatlah beraneka macam, tidak hanya korupsi yang berbentuk materi akan tetapi korupsi juga bisa dalam bentuk :

1. Korupsi waktu
     Mengulur-ulur waktu apabila ada janji dengan teman, ketika datang terlambat dengan alasan 'a' sampai 'z' dst.
Saran Mufita pinku_'berusahalah datang tepat waktu apabila kita sudah membuat janji dengan seseorang. Karena ketepatan kita dalam segala hal juga dapat melatih kedisiplinan kita. Dan dapat pula berguna bagi masa depan kita. Jika dalam kehidupan dan keseharian kita sudah disiplin, maka dalam pekerjaan dan tugas-tugas dari kantorpun akan rapi dan mudah selesai. begitu ^_^

2. Korupsi materi atau uang
     Nah nah nah.... ni ni yang paling sering bikin mata ijo kalo ngomongin masalah uang. Tapi walaupun begitu, jangan terlalu terlena dengan materi dan fasilitas dunia, karena tidak akan dibawa mati sobat. Jadi sewajarnya aja. Dan jika sedang tidak punya uang tetap berusaha dan yakin semua pekerjaan, rizki sudah ada yang ngatur. Dan jika anda punya uang berlebih maka alangkah lebih baiknya berbagi dengan orang yang membutuhkan dan berhak menerima :).

3. Korupsi perasaan
     Ehem ehem... cocok juga niyh bagi pasangan yang sedang patah hati. (kenapa topiknya jadi mbleber gini ya??? -_-) jika iya, maka katakan iya, jika suka maka katakan suka, jika tidak maka katakan tidak dst. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Karena kebiasaan orang indonesia malu mengatakan 'iya' jika ia memang suka, dan malu juga mengatakan 'tidak' terhadap apa yang ia tidak sukai. Jadi intinya harus jujur, jangan mencoba-coba muat melakukan korupsi. Apalagi perasaan...??? berat.. (curcol yach???? ah nggax juga, hehe ^_^)

Tiada manusia di dunia ini yang sempurna. Maka syukuri apapun yang kita miliki, harta, cinta, fisik dsb. Karena dengan begitu, jika kita mampu mensyukurinya maka kekurangan itu perlahan akan tertutupi dengan kelebihan-kelebiha kita. Selama kita bisa berbuat jujur atas hasil kita, alangkah lebih baiknya kita mulai meninggalkan segala macam bentuk dari korupsi. Jadi, bagi reader yang belum paham akan materi jangan ragu untuk bertanya pada bapak atau ibu guru ya. Itu jauh lebih baik daripada menyontek yang sejatinya hanya memberi kebahagiaan sementara. oke guys ^_^

Mari kita ubah SDM indonesia menjadi lebih baik, berkhualitas dan mempunyai daya saing yang tinggi!!!!!!



Salam dari penulis,
Mufita Pinku ^_^

1 comment:

  1. Memang korupsi sudah mendarah daging dan tertanam dalam gen orang Indonesia.. Moga aja kita bisa menjauh darinya...

    Salam kenal ...
    Ricdetop

    ReplyDelete